Road to Madinah #1, Alhamdulillah…Anda Diterima!

October 7, 2011 § Leave a comment

pengumuman diterima
Dag dig dug der, itulah yang mungkin akan Anda rasakan ketika tau bahwa Anda termasuk (calon) mahasiswa yang lolos masuk UIM (Universitas Islam Madinah). Perasaan bahagia, bersyukur, deg-degan, bahkan was-was (jangan2 bukan ana?) bercampur aduk di hati. Sebuah pertanyaan mencuat, “Apa yang harus ku lakukan sekarang?”

Okey tenang Mas, ambil nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan…fiuuuhhhh!  Lega bukan?

Langkah ini kebanyakan diambil dari pengalaman pribadi maupun sohib  lainnya, jadi mungkin agak berbeda dengan kondisi Anda , No Problem!  se-enggaknya  Anda bisa menerawang seperti apa kira-kira langkah Anda selanjutnya.

1.    Pastikan dulu  Nama Anda
Tentu Anda tak mau kan udah repot mengurus berkas kesana-kemari,  keluar duit…eh, ternyata orang lain yang dimaksud, walaupun namanya persis sama! Lalu gimana caranya?
a.    Kalo secara resmi, datangnya isy’ar qobul (surat panggilan) dari UIM sendiri, bisa juga dicek pada link ‘Details’ di sisi nama Anda pada alamat http://admission.iu.edu.sa/IuAbroadInquery.aspx, atau cek juga email Anda.
b.     Isy’ar belum sampe juga? Anda bisa menggunakan cara ini:
Hubungi  teman antum yang kuliah di UIM, lalu minta cekkan nama Fulan bin Fulan di Lajnah Qobul Asia di Madinah sono. Di sana mustinya ada rincian biodata nama tsb.
c.    Anda tak punya kolega di Madinah? Tenang ! Anda tinggal browsing ke serambimadinah.com, lalu isi kotak komentar dan tanyakan perihal rincian siswa dengan nama Fulan bin Fulan, siapa tau ada mahasiswa Madinah yang ngeliat dan berbaik hati mengecekkan data  di sana.

2.    Ajukan Cuti, bukan Pengunduran Diri
Jika Anda sedang kuliah atau bekerja, mungkin menyiapkan berkas-berkas ke Madinah akan memakan waktu yang tak sebentar, itulah gunanya cuti. Lah kenapa gak sekalian mengundurkan diri saja? Ingat sobat, nanti masih ada tes kesehatan dan Anda belum tentu lolos, nah jika –qoddarullah- Anda gak lolos, kan nanti masih bisa ngelanjutin kuliah atau kerja di tempat sebelumnya.
NB: Jika Anda tak terkait instansi apapun, loncat ke langkah berikutnya!

3.    Siapkan Berkas-Berkas yang Diminta
Lebih detilnya bisa Anda lihat di situs serambimadinah.com perihal Persiapan Keberangkatan, setiap tahunnya relatif sama mesti ada sedikit perbedaan.
—JIKA ANDA MASIH RAGU soal NAMA–
Mulailah dari berkas yang relatif mudah dan tak membutuhkan biaya besar, seperti akta,  ijazah, SKCK, rek depag dll. Kalo sekelas paspor bisa diakhirkan sambil menunggu kejelasan nama Anda.

4.    Persiapkan Dana
Menuntut ilmu emang tak kan lepas dari yang namanya biaya, walau udah gratis tetap saja Anda membutuhkan biaya yang tak sedikit (sekitar 2 jutaan) guna membayar administarasi dll, belum termasuk transport dsb. Jadi, jika Anda merasa yakin diterima, tak apalah untuk meminjam uang dahulu. Insyaallah setelahnya akan dimudahkan Allah untuk melunasinya.

5.    Jaga Kesehatan
Masuk Madinah emang murni taufik dari Allah, namun kita juga disuruh untuk berusaha kan? Tak ada salahnya jika Anda rutin mengkonsumsi madu, habbatussauda, gamat atau herbal lainnya. Mulailah berolahraga yang melatih jantung, seperti lari, sepeda, renag dll.

6.    Jangan Lupa Terus Berdoa
Mohon kemudahan untuk segala hal, megurus berkas, kesehatan dan taufik yang lainnya. O iya, nanti kan Anda bakal sering safar dalam mengurus ini itu. Perbanyaklah doa pada saat itu, karena termasuk saat mustajab.

Yassarallahu umuurokum!

Tagged:

Bijaklah Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Road to Madinah #1, Alhamdulillah…Anda Diterima! at ahmaDezaky .

meta

%d bloggers like this: