Berdakwah Lewat Infografik, Why Not?

July 12, 2012 § Leave a comment

Sobat semua… ini merupakan artikel pertama ane buat rubrik Idea. Kata para motivator ide yang berseliweran di kepala nih harus segera dicatat, disebarluaskan supaya nantinya dibaca banyak orang dan bisa dikembangkan bareng-bareng (mimpi kaya Pak Linus Torvalds sama Linuxnya).

image source : visual.ly

Lha emang blog ente ada yang baca Zak? Tau ah masa bodo…minimalnya IDE ini akan tercatat dan tak menguap begitu saja hehe.

Info-grafik

Kali ini kita akan ngobrol tentang Infografi, kalo menurut ilmu sokte nya ana kata ini berasal dari ‘Info’ (informasi) dan ‘Grafik’ (gambar), mungkin kalo ditafsirkan yaa berarti

“ sebuah media buat ngasih informasi dalam bentuk gambar” (hehe maksa).

Kenalan lebih jauh, tanya mbah Googel atau mbok Wikipedia!
Hmmm kalo ngomongin soal Infografi, media informasi berbentuk visual ini udah lumrah dipake ama orang-orang luar. Yaa macam-macam lah gunanya; info tentang statistik, histori, ringkasan (cheatseet), tips, pokoknya macem-macem dah. Coba aja ketik kata ‘infographic’ di Google pasti banyak tuh. Format akhir yang biasanya digunakan berupa file gambar (jpg, png, gif) atau pdf

Buat Dakwah

Kebetulan kemaren ane dapet situs yang namanya visual.ly (contoh domain kreatif). Nah sobat tau gak … di situs itu ada ribuan macam infografi dengan berbagai macam bidang. Gak melulu soal teknologi atau bisnis, pokoknya semua ada deh (macem swalayan aja hehe).

Nah ini dia yang ane pikirin, lha wong buat info tentang hal-hal gitu aja bisa kok, kenapa buat dakwah gak bisa? “Why not?” Kata orang bule.

Yang ane tau soal ‘gambar’, syariat cuma mewarning kita akan beberapa hal :
1. Gambar bernyawa (manusia, binatang), dilarang keras karena termasuk perbuatan ‘sok menandingi’ Allah.
2. Gambar yang memuat fitnah (syahwat), tau sendiri lah gambar apaan tuh.
3. Gambar yang memuat simbol-simbol orang kafir (salib dll)

Mungkin ada yang nambahin? Kalo ga berarti ruang gerak kreatif kita masih luas kan?

The Ideas

Lebih enaknya kalo ane jadikan dalam bentuk poin aja :
1. Infografi tak harus memuat materi yang panjang, pendek asal berbobot (dan yang lebih penting : sering kita amalkan sehari-harinya) pun bisa, misal:
Aqidah : Kaedah tepat dalam memahami Asma dan Sifat (tau kan?)
Fikih : Kapan kita harus Sujud Sahwi, Tata Sujud yang benar
Sirah : Peta Hijrah , atau Infografi tentang Perang Badar

2. Nantinya, akan ada sebuah situs yang memuat kumpulan infografi di atas, situs ini dapat menerima infografi dari para membernya, tentunya setelah menjalani tahap ‘penyelarasan sesuai syariat’ oleh ustadz yang berkompeten.

3. Situs tadi jga punya tim yang menerbitkan Infografi setiap bulannya. SDM yang dibutuhkan antara lain :
:: Desainer : se-pengamatan ane, desainer muslim gak kalah kelas kok. Liat aja tuh pamflet kajian, situs islam yang dah jadi portofolio mereka. Tapi atribut tambahan adalah si desainer ini harus paham ‘sedikit’ tentang materi yang akan dia gambar…nah ini dia tantangannya.

:: Ustadz : hanya perlu seseorang yang dapat meluangkan waktunya, atribut tambahan mungkin punya daya visual hingga dapat memberi arahan jika perlu.

4. Emang ada desainer yang mau kerja secara cuma-cuma alias (no fee)? Gampang lah! Nanti di setiap infografi pasti kan ada embel-embel ‘created by bla bla’. Nah ini kan bisa untuk narik klien ke dia (kalo emang desainnya ajieb).  Lebih dari itu ini kan LADANG AMAL JARIYAH…amalan yang mengalir Bung! Asal dibenerin aja niatnya!

So, gimana? Ada yang mau berinvestasi?

Tagged: ,

Bijaklah Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Berdakwah Lewat Infografik, Why Not? at ahmaDezaky .

meta

%d bloggers like this: