Pindah ke Domain .Com, Yakin Nih?

July 21, 2012 § 2 Comments

Awal mula berkiprah di dunia blogging, yang ane kenal adalah Blogspot (saat itu masih belum di-akuisisi Google). Well, ane sangat menikmati ‘ngeblog’ dengan mesin ini. Alasannya sederhana , gampang diotak-atik! Anda memang diberi kebebasan untuk menghiasi tampilan bahkan merombak dalemannya! Pantas aja kalo anak-anak alay punya blog, pastilah ia milih Blogspot! ^^

Begitu keranjingannnya ane ama kegiatan otak-atik template blog (terutama CSS nya, PHP gak mudeng sampe sekarang ^^) malah membuat ane lupa akan tugas utama seorang blogger; posting!Akhirnya ane memutuskan untuk mencicipi yang namanya WordPress! Kata seorang temen :

“Saat ini situs-situs gede di dunia ini kebanyakan pake WordPress loh!” .
(emang bener, kalo ga percaya lihat http://wordpress.org/showcase)

Hmmm, boleh juga nih, apalagi ane sempat kepincut ama themes WordPress yang terkenal aduhai gitu! Sampe-sampe template Blogspot pun banyak yang nyontek dati theme nya WordPress! Tanpa ragu ane pun register ke WordPress.Com

Lha tapi kok kayak gini nih? Blog model apaan nieh!!?

Rumah Kontrakan

Yap, mungkin ini analogi yang pas buat WordPress Grat (isan)! Walaupun Anda dikasih ruangan lega sebesar 3GB, namun Anda tidak diperkenankan mengedit jeroan theme (jangankan ngedit, ngeliat aja kagak!), menambahkan Javascript, mengupload theme yang cool … Persis kayak rumah kontrakan; Anda bebas gonta-ganti cat atau tampilan luar aja, tapi gak boleh bikin dapur sendiri, nambahin pintu keluar, bikin garasi dsb!

Lalu gimana agar Anda diberi kekuasaan merombak rumah kontrakan tadi? Anda harus upgrade status ke WordPress Pro dengan tebusan dana sebesar USD 30 per tahunnya , Nah nah…

Belilah Tanah, Bangun Rumahmu Sendiri!

Jujur, waktu itu domain yang ane daftarkan di WordPress.Com cuma ane anggurkan saja (kecewa beratt T^T) . Itung-itung buat jaga-jaga lah, supaya entar kalo nafsu ngeblog udah muncul kembali ane bakal *ehem* comeback. Ane baru tau, rupanya WordPress tu ada 2 macam; Gratisan (WordPress.Com) ama Self Hosting (WordPress.Org).

Emang apa bedanya? Awalnya ane juga bingung (cuma beda Com -Org aja ^^), tapi seiring berjalannya waktu … ane mulai menemukan titik terang…

Jika WordPress Gratisan ibarat rumah kontrakan, WordPress Self Hosting bisa kita anggap sebagai rumah pribadi yang dibangun dari awal, tentunya kita bebas menentukan arsitektur, berapa kamar, luas halaman sesuai yg kita inginkan.

Kita juga dapat menambahkan Plugin, yang fungsinya mirip Aplikasi kalo di Facebook. Dengan plugin ini, kita bisa memaksimalkan potensi dari WordPress mulai dari widget, SEO, tampilan desain pokoknya full control lah!

Tapi kan Bayaar Kak!

Waduuuh, ini nih orang Indonesia aseli! Maunya gratisaaan melulu, kapan bisa berkembang hehehe! Just kidding, kembali ke habitat … memang sih harga hosting+domain berada di kisaran 200 ribuan untuk tahun pertama, selanjutnya (karena domain udah kebeli) jadi sekitar 100 ribuan.

Tapi jika Kamu ingin bener-bener mau memanfaatkan ribuan tutorial, tips n trik WordPress yang ada tentunya harga segitu sudah worthy lah, sebanding (malah surplus!).

Lalu gimana dengan space yang biasanya cuma 150MB? Tenang bisa diakali! Agar space Kamu gak cepet abis gara-gara digerogoti gambar / multimedia, taruh saja konten tadi di WordPress Gratisan (Com) yang menyediakan ruang lega sebesar 3GB. Jadi jatah space hosting yang 150MB tadi cuma buat mesin WordPress (Org) dan artikel aja! Beres kan?

Semuanya emang balik ke kondisi, jika Kamu pemula, blog cuma buat latihan nulis sih pake WordPress gratisan aja dah cukup. Tapi kalo kamu seorang professional, atau bisnismen yang ingin situsmu punya desain sesuai selera dan terindeks baik oleh Google belilah tanah dan bangunlah rumahmu sendiri!

Tagged:

§ 2 Responses to Pindah ke Domain .Com, Yakin Nih?

  • rusydi hikmawan says:

    nah ending yg sy suka. sy cuman butuh nulis dan sosialita sj, gak lebih, apalagi buat bisnis. belum kepikiran ke sana. jadi sampe sekrang masih sama yg lama wordpress dan blogspot

  • Useful info. Fortunate me I found your web site unintentionally, and I
    am surprised why this twist of fate did not took place earlier!

    I bookmarked it.

Bijaklah Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Pindah ke Domain .Com, Yakin Nih? at ahmaDezaky .

meta

%d bloggers like this: